Wednesday, June 23, 2010

Motivasi Psikologi Menonton Video Ariel

Sudah sebulan terakhir ini,pemberitaan di media didominasi oleh perkembangan kasus video mesum Ariel Peterpan, Dampak dari peredaran video mesum tersebut memang sangat menghebohkan. Respon masyarakat pun beragam,entah itu memberi dukungan kepada Ariel agar tabah menghadapi masalah atau mencela dengan mengatasnamakan kepedulian terhadap moral bangsa. Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Indonesia,Presiden SBY pun ikut angkat bicara mengomentari dampak beredarnya video tersebut.

Malahan tak hanya itu videonya sendiri kini laris manis diburu masyakat yang penasaran ingin melihat adegan mesum itu, bahkan VCD bajakannya yang dijual bebas di pedagang kaki lima dibanderol harga fantastis mencapai 200ribuan per keping, Hal ini jelas menunjukkan antusiasnisme masyarakat untuk menyaksikan atau memastikan secara langsung kebenaran adegan tak senonoh yang diperankan tiga artis terkenal ibukota itu. Hal ini tertuang dalam situs berita online berikut,


Garut,Radar Online-Meski di sejumlah daerah razia HP pelajar terus-menerus gencar di lakukan, namun di Garut Jawa Barat, heboh video seks yang melibatkan pria Nazriel Ilham alias Ariel -Luna Maya dan Cut Tari tetap di buru para pelajar. Mereka mengaku penasaran ingin melihat adegan yang merusak moral itu. Parahny lagi bukan hanya pelajar dan mahasiswa warga Garut dari kalngan atas sampai tukang beca dan ojek berebut dan mencari tahu terkait adegan yang tidak senonoh itu.
Muhtadin dan Surya dua orang siswa salah satu SMA di Garut, kepada Radar Online Sabtu (12/6/2010) mengaku sudah mengcopy video itu dari temannya yang lain sekolah.

"Dalam beberapa hari terakhir video mesum tersebut sudah menyebar di kalangan siswa. Bahkan, siswa lainnya yang belum memiliki video tersebut, banyak yang berusaha memburu video itu,” Ujar Surya yang di amini Muhtadin.

Hal senada di akui Sisil (16), siswi sebuah sekolah swasta dibilangan Cikajang. Ia mengaku adegan Ariel dan Luna sudah lihat, tapi adegan Cut Tari dan Ariel belum melihatnya.

Ia mengatakan video tersebut merupakan buruan para pelajar di hampir tiap sekolah di Garut. Menurutnya, banyak pelajar mulai SMP dan SMA yang mencari video tersebut karena penasaran.

"Kalau video Luna-Cut Tari mah masih belum punya. Saya juga penasaran pengen lihat yang itu," kata Sisil sambil tertawa.

Sisil dan pelajar lain mengaku tidak takut Dirazia karena setelah melihat kemudian di pindahkan ke Komputer miliknya yang berada di rumah sehingga saat ada razia HP gambarnya sudah terhapus.

“Saya tidak takut di razia HP karena sudah saya pindahkan ke Komputer di rumah. Yah itung –itung untuk koleksi,” ujar Sisil mengakhiri. ( Asgun ).

Melihat fenoma di atas saya tertarik untuk mencari tahu motivasi apa yang membuat masyarakat tertarik untuk memburu video tersebut. Merujuk ke ilmu psikologi, Sigmund Freud telah  menjelaskan teori kejiwaan dalam diri manusia. Teori mengatakan bahwa perilaku manusia dianggap sebagai hasil interaksi kepribadian yaitu id, ego, dan superego.

a. Id, yaitu bagian kepribadian yang menyimpan dorongan-dorongan biologis manusia merupakan  pusat insting yang bergerak berdasarkan prinsip kesenangan dan cenderung memenuhi kebutuhannya .Bersifat egoistis, tidak bermoral dan tidak mau tahu dengan kenyataan. Id adalah tabiat hewani yang terdiri dari dua bagian:
i).  libido - insting reproduktif penyediaan energi dasar untuk kegiatan – kegiatan kosntrukstif.
ii). thanatos – insting destruktif dan agresif
b. Ego, berfungsi menjembatani tuntutan Id dengan realitas di dunia luar. Ego adalah    mediator antara  hasrat-hasrat hewani dengan tuntutan rasional dan realistik. Egolah yang menyebabkan manusia mampu menundukkan hasrat hewaninya dan hidup sebgai wujud rasional. Ia bergerak berdasarkan prinsip realitas
c. Super ego,  yaitu unsur yang  menjadi polisi kepribadian, mewakili sesuatu yang normatif atau ideal super ego disebut juga sebgai hati nurani,merupakan internalisasi dari norma-norma sosial dan kultur masyarakat. Super ego memaksa ego untuk menekan hasrat-hasrat yang tidak berlainan dibawah alam sadar. 

Disini saya mengambil kesimpulan bahwa faktor motivasi dari masyarakat  ingin menonton yaitu id, dikarenakan id adalah kebutuhan mendasar manusia seperti makan, minum, dan kebutuhan seksual. Id ini melahirkan doriongan-dorongan instingsual pemuasan atas dasar kesenangan. Tak mengherankan secara manusiawi, masyarakat di luar sana amat penasaran untuk melihat langsung adegan panas di video.Kemudian id ini akan berbenturan dengan superego, dimana superego adalah nilai atau hukunm yang berlaku di masyarakat, berupa nilai benar dan salah, adat istiadat yang berlaku di masyarakat serta kristalisasi ajaran orangtua sedari kecil.

Antara id yaitu hasrat untuk menonton video mesum,kemudian akan terbentur oleh superego yaitu nilai norma  di masyarakat yang menghalangi niat tak senonoh ini direalisasikan, dan pemenang dari petentangan ialah ego. Ego ini ditentukan oleh karakter dari tiap manusia pribadidan lingkungan pendidikan sejak kecil yang ditanamkan. Ego ini merupakan penggerak aksi, jadi jangan heran jika ada orang yang berbondong-bondong memburu video mesum tersebut, sementara di lain pihak ada yang mendemo besar-besaran atas peredarannya.


0 comments: