Monday, May 31, 2010

Love is cinta??


Love,kata itu setiap hari kita dengar,kita lihat,bahkan kita rasakan.Hhhm,aku pun seringkali tergelitik dengan pertanyaan, sebenarnya apa sih love yang jika ditranslate ke dalam B.Indonesia adalah cinta, itu?

Cinta itu beda ga sih sama rasa sayang,empati,simpati,telkomsel,esia(loh,malah ngawur). Trus aqu tau darimana yah,kalau aqu sedang jatuh cinta?(misalkan) . Yah, definisinya cinta aja aqu belom jelas2 amat.

Aku juga yakin koq, kalau ketidakjelasan definisi ini, ga cuma aku juga yang bingung, orang2 lain yang bahkan katanya lagi jatuh cinta pun pasti juga bingung kurasa. Yang mereka tau palingan kalau sedang jatuh cinta, dunia serasa milik berdua yang laen ngontrak (yeee, enak ja). Hhmm, ketidakjelasan dari definisi cinta ini mengakibatkan terbagi2nya pengertian cinta itu sendiri. Menurut sumber wikipedia, cinta itu terbagi menjadi 3 konsep, yaitu : agape, pilia, dan eros. (kalau kalian di kampus pernah belajar Ilmu Budaya Dasar,pasti tau). Bagi yang belum pernah belajar,yowis, ta' jelasin tentang ketiga konsep tsb.



1. Agape : bentuk cinta tanpa batas, kerap dicontohkan dengan cinta Tuhan terhadap ciptaanNya. Ya, istilahnya kalau di Islam yang dinamakan cinta hakiki ya ini. Arrahman ArrahimNya Allah SWT lah, gampangnya.
2. Pilia : cinta tahap kedua. Ia adalah kecintaan luhur dan tumbuh dari hasil persahabatan mendalam sehingga menerbitkan rasa "kami" atau "kita"
3. Eros : Cinta berdasarkan hawa nafsu. Kata turunannya adalah erotis (referensi ini diambil dari wikipedia, tapi pengertiannya agal beda dikit dengan yang tertulis di buku IBD karangan Widagdo,yang aqu pernah pelajari ketika semester1)

Nah, 3 konsep di atas adalah menurut bahasa Yunani kuno (menurut wikipedia loh ya,, sumpah bukan menurut aquu..Haha :D) Nah, makin bingung ga tuh?koq pengertian, definisi,atau apalah tentang cinta makin banyak aja. Mang cinta itu apa sih?love is cinta, seperti judul film Acha 'n Irwansyah, atau dengan kata lain cinta ya cinta. Kalau gw bilang cinta ya artinya cinta, gitu deeeeh, kata anak zaman sekarang yang ga mao ambil pusing ngartiin cinta. (Lah,emang yang nulis ini orang zaman apa toh jadinya?). Cinta itu ya, perasaan, trus perasaan itu yah, kaya apa ya,ngomong2? Hhe,koq aqu jadi ngeyel gini??? Belum lagi perasaan cinta terhadap diri sendiri, yang disebut narsisisme. Perasaan yang romantis disebut asmara. Perasaan cinta terhadap negaranya disebut patriotisme. Perasaan cinta terhadap bangsanya disebut nasionalisme. Wadoh,malah tambah banyak tuh, penjabarannya?? Weleh..weleh..

Nah, dari sekian banyak arti,definisi,penjabaran,penggolongan,dan antek2 nya itu, yang sering aqu pertanyakan, kenapa selama ini kalau kita dengar lagu2 di radio,nonton film di TV/bioskop, kata cinta itu pasti diidentikan dengan cinta terhadap lawan jenis ya?padahal cinta itu kan bisa cinta terhadap lingkungan, keluarga, dan sesama makhluk hidup lainnya. Suka males juga sih, ngeliat sinetron2 gombal di TV yang mengobral tema cinta buat dapat rating tinggi. Aneh juga,menurut aqu sih, sinetron2 sekarang tuh lebay2 banget tapi koq masih laku aja yah, ditonton?wkwkwkwk,maaf yah Bapak2 produser di luar sana,ga bermaksud menghina loh, saya..

Yah, tapi sah2 aja sih kalau mau mengangkat tema cinta antar lawan jenis menjadi nilai jual menurut qu, asaaaaal dikemas secara apik dan santun. Contohnya adalah film ayat2 cinta dan ketika cinta bertasbih. (ga bermaksud promosi loh, tapi emang bener koq klo filmnya bagus).
Hhhmm, dulu pas SMP juga aqu sempat keranjingan sama film AADC, yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra itu,loooh.:P Yang bikin keren menurut aqu sih karena tuh film dibumbui oleh puisi2 yang keren antara si Cinta dan Rangga. Sumpah itu yang ditugasin bikin puisi buat film tsb, aqu kasih dua jempol!coz puisi nya keren bener deeh..Hahaha!




Love to all

Asri Handayani




2 comments:

gaelby said...

Cinta tak terdifinisikan secara tepat, melainkan oleh cinta itu sendiri.

Postingannya mantaab n inspiratif, i like it :)

Salam sayang n good luck !

TUKANG CoLoNG said...

ngebahas cinta gag akan ada habisnya..:)